Home » , , » Penyebab Serangan Jantung Beserta Gejala Utama-nya

Penyebab Serangan Jantung Beserta Gejala Utama-nya

Penyebab Serangan Jantung:
Aterosklerosis - Dimana kondisi ini dikarakteristikan berupa penyempitan arteri dikarenakan penumpukan plak dan biasanya diasosiasikan dengan melemahnya atau rusaknya arteri. Zat seperti kolesterol dapat terakumulasi, lalu trombosit berusaha memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh timbunan kolesterol malah membentuknya gumpalan darah. Gumpalan ini berpotensi menyumbat arteri, menyebarkan zat tersebut ke dalam aliran darah dan menyumbat aliran darah ke jantung.
Penyebab Serangan Jantung Beserta Gejala Utama

Kejang pada arteri – Ini merujuk pada arteri yg akan menyusut. Kejang pada arteri berbeda dengan stenosis. Ini jarang terjadi dan biasa_nya disebabkan oleh tingkat stres emosional dan fisik yang tinggi, merokok, & mengonsumsi obat-obatan berbahaya seperti kokain. Kejang juga dapat terjadi, jika seseorang terpapar dengan cuaca yang sangat dingin.

Diseksi arteri koroner spontan (SCAD) – Dan Kondisi di mana arteri koroner atau jantung, sobek. Sehingga menyebabkan tersumbat total dan iskemia pada jantung, yaitu saat jantung benar-benar kekurangan oksigen. Karena ini terjadi secara tiba-tiba, maka akan diobati sebagai kondisi darurat. Namun, sangat jarang terjadi sob..

Faktor lain yang meningkatkan resiko serangan jantung, adalah:
  1. Usia
  2. Hipertensi
  3. Obesitasi atau kegemukan
  4. Diabetes
  5. Jenis kelamin (lebih sering dialami oleh kaum wanita)
  6. Tingginya tingkat kolesterol jahar dan trigliserida
  7. Merokok dan konsumsi alkohol
  8. Turunan dan riwayat keluarga
  9. dan terakhir Stres

Gejala Utama Serangan Jantung
Angina atau Nyeri pada dada Merupakan
Salah satu gejala serangan jantung yang sering dialami. Digambarkan sebagai rasa sesak pada dada dan tidak nyaman. Nyeri dada pada serangan jantung tidak akan hilang begituu sajah. Sementara, jika Anda mengalamii nyeri dada biasa maka rasa sakit akan menghilang nantinya.

Gejala-gejala lainnya:
  1. Kelelahan
  2. Nyeri perut
  3. Sulit bernapas
  4. Keringat berlebih
  5. Mual-mual
  6. Kepala pusing 7keliling
  7. Nyeri pada tubuh bagian atas seperti leher dan rahang
  8. Nyeri pada lengan dan punggung
Penting dan Wajib di ingat, meskipun laki-laki dan perempuan menunjukkan gejala serangan jantung yg sama. Namun, ada beberapa perbedaannya. Misal-nya, gejala yang dialami perempuan sangatt tidak terlihat. Ini dapat menahan mereka untuk mencari pertolongann, karena merasa hanya sakitt biasa.

Maka itu yang akan terjadi jika kalian tidak menjaga tubuh kalian dari sekarang...
Terimakasih juga loh atas kunjugannya dan jadikan hidup sehat dari sekarang ya soobbb...