Home » , » Apa Itu Infark miokard?? - ARTI LENGKAP Myocardial Infarction

Apa Itu Infark miokard?? - ARTI LENGKAP Myocardial Infarction


Infark miokard atau yang sering kita dengar di namakan Serangan Jantung dan dalam bahasa inggris di sebut Myocardial infarction/acute myocardial infarction/MI/AMI yaitu terhentinya aliran darah meskipun hanya sesaat karena penyumbatan pada salah satu arterinya dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Sehingga, otot jantung berhenti seketika. Infark miokard berasal dari kata myocardium, yang berarti jaringan otot jantung, dan infarc, berarti kematian jaringan lokal.

Infark miokard?? - ARTI LENGKAP Myocardial InfarctionPenyakit jantung koroner merupakan penyebab utama dalam serangan jantung. Penyakit jantung koroner disebut plak terbentuk di bagian dalam arteri jantung yang bentuknya seperti lelehan lilin yang berbecak di jantuk. Hal ini disebut atherosclerosis. Plak terbentuk dari kolesterol dan sel-sel lainnya. Jumlah plak meningkat perlahan demi perlahan dan membuat bagian dalam pembuluh darah menyempit. Dan sedikit darah dapat mengalir melaluinya dan juga keping darah dapat menumpuk di depan plak dan membuat penggumpalan. Jika penggumpalan pecah dan tersendat di bagian pembuluh darah yang menyempit, maka serangan jantung dapat terjadi begitu sajah. Kebanyakan penyakit jantung koroner, yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dikarenakan perilaku dan gaya hidup si penderita. Hal ini termasuk makan makanan yang tak sehat, tidak banyak bergerak, merokok dan mminum terlalu banyak alkohol.

Serangan jantung adalah gawat darurat. Beberapa menit pertama adalah sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan si penderita. Beberapa kerusakan akibat serangan jantung dpt diperbaiki pada jam pertama sajah. Gejala yang utama serangan jantung adalah sakit yang sangat sakit pada dada penderita. Sakit bisa saja terjadi pada bahu, perut, dan rahang. Suatu serangan jantung selalu merusak otot jantung, tidak seperti angina pectoris.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di USA. Berdasarkan data dari Heart Foundation, paling tidak 780.000 orang meninggal dikarenakan gangguan jantung pada tahun 2011. Sementara, 720.000 orang mengalami serangan jantung untuk pertama kalinya. Serangan jantung terjadi tiap 34 detik di USA.

Jantung adalah pusat dari system sirkulasi tubuh manusia. Dan satu-satunya orang yang memiliki otot kardiak, yg bertanggung jawab memompa darah setiap saat.

Tubuh memiliki bermacam-macam jenis pembuluh darah, yang fungsi utama-nya mendistribusikan darah ke semua organ tubuh. Di antaranya arteri, yang memasok darah kaya oksigen dari jantung ke semua organ tubuh manusia. Oksigen memiliki peranan penting dalam metabolisme sel. Jantung sendiri memiliki beberapa arteri dan yang terbesar adalah aorta.

Sebagai saluran pembagi darah, arteri harus selalu terbuka. Namun dalam beberapa kasus, arteri dapat tersumbat dengan parah sehingga darah tidak dapat mengalir ke semua organ tubuh termasuk ke jantung. Saat jantung tidak menerima oksigen yang dibutuhkan, sel pada jantung termasuk otot-otot akan berhenti atau mati (nekrosis). Seseorang akan mengalami gagal jantung, karena jantung berhenti memompa darah, juga mengalami aneurisma (melemahnya arteri dan membuatnya tertutup), kelumpuhan jantung, dan terbentuknya gumpalan darah.

Jika kalian penasaran apa saja sih penyebab dan gejala utama dari Serangan Jantung?? Semoga dapat bermanfaat yah informasinya dan jangan bosan baca artikelnya kalo kalian ngga mau menyesal... Trimakasi atas kunjungannya....