Home » , , , , » Menghitung Detak Jantung Secara Manual

Menghitung Detak Jantung Secara Manual

Denyut jantung atau detak jantung adalah debaran yang dikeluarkan oleh jantung (aliran darah melalui jantung). Dokter biasanya menggunakan stetoskop ketika memerika pasien untuk mendengarkan detak jantung, yang memberikan informasi penting tentang kondisi jantung bro. selain dengan stetoskop detak jantung juga dapat diukur dengan cara menghitung jumlah detak jantung per menit. Biasanya dilakukan di posisi-posisi tertentu seperti di belakang lutut, kunci paha, leher, sisi atas atau bagian dalam kaki, pelipis, pergelangan tangan, atau di bagian arteri dekat kulit. Langsung saja bro...


Berikut Caranya :
Setelah menemukan denyut nadi anda, hitung jumlah denyut.an selama 1 menit penuh. Atau hitung denyut.an selama 30 detik dan kalikan 2.

Biasanya tuh, jumlah denyut jantung akan berbeda sesuai dengan aktivitas dan kondisi kesehatan anda. Untuk mendapatkan jumlah atau tingkat jantung yang normal, lakukan istirahat setidaknya selama 10 menit sebelum memeriksa denyut.

Anda juga dapat memeriksa kondisi denyut jantung Anda saat berolahraga. Ini penting untuk mengetahui peningkatan kerja jantung saat beraktivitas berat.

Berikut kategori detak jantung yang normal dan tidak normal:

Nah...sekian dulu... Jika hasil perhitungan denyut jantung anda masuk kedalam kategori KURANG (tabel yang warna merah) Cari Tau... Apa itu Tidak Normal / Aritmia (Arrhythmia Abnormal Heart Rhythm) ? hati-hati juga bro dengan lemah jantung ada 7 tanda lemah jantung loh. Terimakasih sudah mengunjungi gagal-jantung.blogspot.com